Jurnal
Kolaborasi Antar Muka Multimedia otomotif
UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS
ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI
TUGAS
PENGANTAR TELEMATIKA
PERAN KOLABORASI ANTARMUKA OTOMOTIF MULTIMEDIA PADA
MOBIL
Nama & NPM : Bayu Prasetyo 11111437
Fajar Ziqqy Sallasa 12111654
Fakultas : Ilmu
Komputer dan Teknologi Informasi
Jurusan : Sistem Informasi
Kelas : 4KA11
Depok
2015
ABSTRAKSI
Bayu Prasetyo (11111437), Fajar Ziqqy Sallasa (12111654)
PERAN
KOLABORASI ANTARMUKA OTOMOTIF MULTIMEDIA PADA MOBIL
Tugas Pengantar Telematika. Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma, 2013
Tugas Pengantar Telematika. Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Gunadarma, 2013
Kata Kunci: Kolaborasi Antar Muka
Otomotif Multimedia, Mobil
Tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk lebih memahami
peran kolaborasi antarmuka otomotif multimedia pada mobil, serta Meningkatkan
pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan. Automotive
Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) menyatakan bahwa akan menggandeng
teknologi Open Service Gateway Initiative (OSGi) sebagai framework untuk
platform sofware yang dibangun untuk informasi mobile dan sistem entertainment.
Dalam kombinasi’a, AMI-C dan framework OSGi akan menyediakan satu platform
software yang umum dan pasar yang terbuka untuk penyedia aplikasi atomotif
berbasis wireless. Untuk pengguna, platform umum tersebut akan menyediakan
pilihan software aplikasi yang luas. MMI
mengoperasikan sejumlah besar dalam komponen hiburan mobil, elektronik mobil,
dan fungsi lainnya. Daftar di bawah ini menunjukkan ruang lingkup dari sistem
dikendalikan oleh MMI. Namun, tergantung pada model mobil yang sebenarnya,
bersama dengan versi yang telah ditentukan (MMI dasar, MMI Tinggi, dll), hanya
beberapa, dan tidak semua fungsi akan diterapkan atau tersedia.
Daftar Pustakan(2013)
DAFTAR ISI
HalamanJudul
…………..…………………………………............................
i
Abstraksi……………………..………………………………..……………. ii
DaftarIsi………………………………..……………………………………..iii
BABI PENDAHULUAN…….……………………………………………... 4
1.1
Latar Belakang………………………….………………………............. 4
1.2
Tujuan penulisan……………………………………………….….......... 4
1.3
Metode penulisan …………………………………………………........
5
BABII TINJAUAN PUSTAKA………………………….…………………....6
2.1 DefinisiAntar Muka dan Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia......6
2.2 Sejarah Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia Pada Mobil..............6
2.3 Struktur Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia................................7
2.1 DefinisiAntar Muka dan Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia......6
2.2 Sejarah Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia Pada Mobil..............6
2.3 Struktur Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia................................7
BABIII
PEMBAHASAN……………………………………....……………..8
3.1
Sejarah Mobil………………………………………………......................8
3.2 TujuanKolaborasi Antar Muka Otomotif
Multimedia Pada Mobil………… 8
3.3KomponenArsitektur
AMIC Pada Mobil………………………………....9
3.4 KonsepKolaborasi Antar Muka Otomotif
Multimedia Pada Mobil………...10
3.5 Fungsi Kontrol MMI Pada
Mobil………………………………………….11
BAB IV PENUTUP.............................................................................................12
4.1 Kesimpulan..................................................................................................12
DAFTAR PUSTAKA.........................................................................................13
BAB IV PENUTUP.............................................................................................12
4.1 Kesimpulan..................................................................................................12
DAFTAR PUSTAKA.........................................................................................13
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Perkembangan dunia otomotif di beberapa
ystem khususnya Indonesia saat ini melaju dengan sangat cepat. Tingginya
permintaan atas kendaraan roda empat ini merangsang minat para investor baik
yste maupun investor luar negeri berlomba lomba untuk menjalankan bisnis ini
dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan sebesar besarnya.
Kendaraan akan mengalamin peningkatan perlengkapan dengan
ditambahkannya ystem digital yang mendukung beberapa aplikasi seperti untuk
mengakses informasi, komunikasi, kemanan dan internet. Ketertarikan terhadap
aplikasi multimedia pada kendaraan meningkat, misalnya pada periode 2003-2005.
Seperti: pengenalan aplikasi real-time, kamera kecepatan tinggi, seiring dengan
semakin meningkatnya komersialisasi lalu lintas multimedia dan pelayanan
pariwisata dan travel. Oleh sebab itu, kebutuhan akan multimedia bus yang
diletakkan pada kendaraan akan meningkat.
Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C)
menyatakan bahwa akan menggandeng teknologi Open Service Gateway Initiative
(OSGi) sebagai framework untuk platform ysteme yang dibangun untuk informasi
mobile dan ystem entertainment. Dalam kombinasi’a, AMI-C dan framework OSGi
akan menyediakan satu platform software yang umum dan pasar yang terbuka untuk
penyedia aplikasi atomotif berbasis wireless. Untuk pengguna, platform umum
tersebut akan menyediakan pilihan software aplikasi yang luas
Tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk lebih memahami
peran kolaborasi antarmuka otomotif multimedia pada mobil, serta Meningkatkan
pilihan dan mengurangi keusangan ystem elektronik kendaraan.
1.3 Metode penulisan
Metode yang
digunakan dalam pembuatan jurnal ini adalah dengan literature. Yaitu
mencariinformasi yang berhubungan dengan kolaborasi antarmuka otomotif multimedia
dalam perkembangan mobil dari beberapa sumber, baik itu melalui browsing maupun
dari buku.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Definisi Antar Muka dan
Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia
Antar muka (interface) adalah salah satu layanan yang
disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan
sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan
langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line
Interface(CLI) dan Graphical User Interface(GUI).
· Kolaborasi antar muka otomotif
multimedia adalah dalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk menciptakan
standarisasi dunia yang digunakan dalam mengatur bagaimana sebuah perangkat
elektronik dapat bekerja. Contoh Komputer dan alat komunikasi kendaraan atau
computer dan radio dalam mobil. Setiap perangkat elektronik yang dipasang belum
tentu cocok dengan setiap kendaraan. Perangkat elektronik atau multimedia bisa
saja mengganggu sistem keselamatan dan system-sistem lain di dalam kendaraan.
Itulah kenapa perlu dibentuk standarisasi kolaborasi antarmuka multimedia.
2.2 Sejarah
The Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC)
didirikan pada Oktober 1998 dengan tujuan untuk mengembangkan serangkaian
spesifikasi umum untuk multimedia interface ke sistem elektronik kendaraan
bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat elektronik di
dalam kendaraan. Inisiatif ini-yang pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General
Motors, Renault dan Toyota – sekarang kelompok semua auto utama pembuat, dan
dengan demikian menyediakan kesempatan strategis baru untuk mencapai suatu set
umum industri mobil.
Untuk berbagai alasan, kendaraan telah tertinggal di
belakang rumah dan perangkat komputasi mobile ketika datang ke alat
produktivitas dan multimedia.
Keamanan, kehandalan, biaya, dan desain waktu memiliki semua
faktor dalam produsen mobil ‘menunda penerimaan teknologi baru. Makalah
membahas otomotif standar untuk antarmuka multimedia. Organisasi seperti Otomotif
Kolaborasi Multimedia Interface (AMI-C) memiliki kesempatan untuk menjadi
kekuatan pendorong di belakang upaya standardisasi.
Depan yang berbeda, The Otomotif Multimedia Interface
Kolaborasi(AMI-C) mengumumkan di seluruh dunia cipta penugasan dari 1394
spesifikasi teknis otomotif ke Trade Association 1394 AMI-C berikut dokumen
sekarang milik 1394TA:
•AMI-C 3023 Power Management Specification
•AMI-C 3013 Power Management Architecture
•AMI-C 2002 1.0.2 Common Message Set Power Management
•AMI-C 3034 Power Management Test Documents
•AMI-C 4001 Revision Physical Speci .cation.
2.3 Struktural Kolaborasi Antarmuka
Otomotif Multimedia
Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) mengatakan akan menjadi tuan rumah tiga update internasional briefing untuk menjadi pemasok otomotif, komputer dan teknologi tinggi industri elektronik. Briefing akan diadakan 23 Februari di Frankfurt, Jerman; Februari 29 di Tokyo; dan Maret 9 di Detroit.
“AMIC telah membuat suatu kemajuan yang signifikan dalam satu tahun terakhir ini dalam menyelesaikan struktur organisasi dan mencapai kesepakatan mengenai persyaratan yang diperlukan untuk hardware dan software baik di masa depan mobil dan truk,” Jurubicara AMIC Dave Acton berkata, “Dan sekarang sudah saatnya bagi kita untuk bertemu dengan pemasok dan mereka yang tertarik untuk menjadi pemasok untuk memastikan kami pindah ke tahap berikutnya pembangunan kita bersama-sama. “
Acton menekankan bahwa AMIC terbuka untuk semua pemasok yang tertarik bisnis elektronik. AMIC dibentuk pada bulan September l998 dan saat ini dipimpin oleh 12 produsen otomotif dan anak perusahaan yang meliputi:
Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) mengatakan akan menjadi tuan rumah tiga update internasional briefing untuk menjadi pemasok otomotif, komputer dan teknologi tinggi industri elektronik. Briefing akan diadakan 23 Februari di Frankfurt, Jerman; Februari 29 di Tokyo; dan Maret 9 di Detroit.
“AMIC telah membuat suatu kemajuan yang signifikan dalam satu tahun terakhir ini dalam menyelesaikan struktur organisasi dan mencapai kesepakatan mengenai persyaratan yang diperlukan untuk hardware dan software baik di masa depan mobil dan truk,” Jurubicara AMIC Dave Acton berkata, “Dan sekarang sudah saatnya bagi kita untuk bertemu dengan pemasok dan mereka yang tertarik untuk menjadi pemasok untuk memastikan kami pindah ke tahap berikutnya pembangunan kita bersama-sama. “
Acton menekankan bahwa AMIC terbuka untuk semua pemasok yang tertarik bisnis elektronik. AMIC dibentuk pada bulan September l998 dan saat ini dipimpin oleh 12 produsen otomotif dan anak perusahaan yang meliputi:
BMW, DaimlerChrysler, Ford, Fiat,
General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA / Peugeot-Citroen, Renault,
Toyota, dan VW. Seorang juru bicara mengatakan kelompok AMIC berencana untuk
mendirikan sebuah kantor di San Francisco di masa depan
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 Sejarah Mobil
Mobil
(kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani 'autos' (sendiri) dan
Latin 'movére' (bergerak)) adalah kendaraan beroda empat atau lebih yang
membawa mesin sendiri. Jenis mobil termasuk bus, van, truk. Pengoperasian mobil
disebut menyetir. Kendaraan pertama yang bekerja dengan uap mungkin pertama
kali didesain oleh Ferdinand Verbiest, sekitar tahun 1672. Ia mendesain mainan
kendaraaan berukuran 65 cm untuk kerajaan Cina, yang tidak bisa membawa
penumpang. Tidak diketahui apakah model kendaraan yang dibuat Verbiest pernah
diproduksi atau tidak.
Tahun 1752, Leonty Shamshurenkov, seorang berkebangsaan
Rusia, membuat konstruksi sebuah kendaraan bertenaga manusia. Ia juga
melengkapi kendaraan buatannya dengan odometer. Kendaraan yang ia buat mirip
dengan sebuah kereta salju. Kendaraan tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad
18. Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses mendemonstrasikan kendaraan roda tiga
itu pada tahun 1769. Kendaraan pertama menggunakan tenaga mesin uap, mungkin
peningkatan mesin uap yang paling dikenal, dikembangkan di Birmingham, Inggris
oleh Lunar Society. Dan juga di Birmingham mobil tenaga bensin pertama kali
dibuat di Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester yang juga
mematenkan rem cakram. Pada tahun 1890-an, etanol digunakan sebagai sumber
tenaga di Amerika Serikat.
3.2 Tujuan Kolaborasi Antar Muka
Otomotif Multimedia Pada Mobil
·
Menyediakan interface standar untuk
memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan
perangkat komunikasi - dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular,
melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan
sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk
kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu
kunci dan diagnostik input / output.
·
Meningkatkan pilihan dan mengurangi
keusangan sistem elektronik kendaraan.
·
Memotong biaya keseluruhan informasi kendaraan
dan peralatan hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan
memperpendek waktu pengembangan - industri otomotif efektif terdiri dari banyak
pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering mengandung berbagai
adat-mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
·
Menawarkan standar terbuka dan
spesifikasi untuk informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dan
dunia luar.
3.3 Komponen Arsitektur AMIC Pada Mobil
Komponen Arsitektur AMIC memiliki
empat komponen :
- In-Vehicle Jaringan
-
Jaringan perangkat
- Kendaraan
Antarmuka - Host (platform komputasi)
Arsitektur AMIC:
3.4 Konsep Kolaborasi Antar Muka
Otomotif Multimedia Pada Mobil
MMI
terdiri dari satu perangkat hiburan yang dapat mengontrol semua fungsi hiburan
di dalam mobil, hal ini dapat mengurangi banyaknya tombol-tombol di dashboard.
Sistem ini terdiri dari terminal MMI dan layarnya.
Perangkat utama dari MMI adalah unit
kontrol yang ada di tengah. Kontrol ini dapat berputar untuk menunjukkan menu
atas dan bawah, dan ditekan untuk mengaktifkan tombolnya. Selain itu, ada 4
atau 8 tombol (tergantung tipe apa yang dipasang di mobil itu) di sekelilingnya
yang juga dapat digunakan untuk memanggil menu. Layar MMI dapat berupa layar 5
inci monokrom hitam dan merah atau 7 inci 16:9 full colour. MMI menggunakan
teknologi Media Oriented Systems Transport (MOST) untuk menghubungkan semua
sistem-sistem ini. Harman Becker memproduksi sistem ini, menggunakan software
QNX Neutrino, Real Time Operating System (RTOS).
Kontrol MMI Pada Mobilo Audi Q7
3.5 Fungsi Kontrol MMI Pada Mobil
MMI mengoperasikan sejumlah besar dalam komponen hiburan
mobil, elektronik mobil, dan fungsi lainnya. Daftar di bawah ini menunjukkan
ruang lingkup dari sistem dikendalikan oleh MMI. Namun, tergantung pada model
mobil yang sebenarnya, bersama dengan versi yang telah ditentukan (MMI dasar,
MMI Tinggi, dll), hanya beberapa, dan tidak semua fungsi akan diterapkan atau
tersedia.
Fungsi tombol-tombol MMI :
-
Navigasi satelit, termasuk manajemen
lalu lintas (TMC)
-
Radio tuner
-
CD Changer
-
TV Tuner
-
Telepon & Direktori
-
pemanas, ventilasi, AC / Kontrol
Iklim, dan kursi pemanas
-
Mobil Setup (misalnya kunci sentral
dan fungsi kenyamanan (pulang / meninggalkan rumah
listrik sunroof dan jendela) pilihan, pengaturan audio
global, pengaturan suspensi dll)
-
Informasi pengemudi (statistik
ekonomi misalnya bahan bakar (sering diliputi oleh "komputer
perjalanan" fungsi), tingkat baterai, ban-tekanan pemantauan, dll)
-
User Manual (full on-board mobil
petunjuk pengguna, ditampilkan pada layar)
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Dalam jurnal ini dapat disimpulkan bahwa Automotive
Multimedia Interface Colaboration (AMI-C) dapat membuat setiap pengemudi merasa
nyaman dalam berkendara pada situasi bagaimana pun . Salah satunya perangkat
utama dari MMI yaitu unit kontrol yang ada di tengah. Kontrol ini dapat
berputar untuk menunjukkan menu atas dan bawah, dan ditekan untuk mengaktifkan
tombolnya.
Selain itu MMI juga
mengoperasikan sejumlah besar dalam komponen hiburan mobil, elektronik mobil,
dan fungsi lainnya. Daftar di bawah ini menunjukkan ruang lingkup dari sistem
dikendalikan oleh MMI. Namun, tergantung pada model mobil yang sebenarnya,
bersama dengan versi yang telah ditentukan (MMI dasar, MMI Tinggi, dll), hanya
beberapa, dan tidak semua fungsi akan diterapkan atau tersedia.adapun yang
harus diperhatikan yaitu, urutan menu yang perlu diakses dalam rangka
untuk mengubah pengaturan tertentu agar lebih mudah menjalankannya pada saat
kita mengemudi.
DAFTAR PUSTAKA
[1] URL: http://mandraiman.blogspot.com/2013/07/sistem-informasi-dalam-mobil.html
, 01/01/2014
[2] URL: http://jelajahiptek.blogspot.com/2012/06/pengertian-mobil-dan-asal-mulanya.html
, 04/01/2014
[3] URL: http://id.prmob.net/multi-media-antarmuka/audi/volkswagen-1428524.html,
04/01/2014
[4] URL: http://trick77.com/tools/mmi3g_vimcode.php,
04/01/2014
[5] URL: http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/38399/5/Chapter%20I.pdf
, 08/01/2014
[6] URL: http://keyropisabatian.blogspot.com/2013/12/kolaborasi-antar-muka-otomotif.html
, 08/01/2014
[7] URL: http://en.wikipedia.org/wiki/Multi_Media_Interface
, 08/01/2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar